Powered By Blogger

Senin, 15 Agustus 2011

Coba pasang instslasi listrik

Syarat Pasang Instalasi Listrik Baru.


 


 

Gue mo bagi pengalaman gue, belom lama ini g bantuin temem gue si Budi buat pasang instalasi listrik di rumah barunya(Alhamdulillah dia dah bangun rumah), dah lama sebenernya gue gak masang instalasi listrik, semenjak gue keluar dari kerjaan kontraktor listrik kira2 15 th yang lalu(he…he…he… lama gak she?), tapi gue gak bakalan lupa ilmunya, lanjut aja ya…. Bagi yang mo pasang instalasi listrik terutama pasang baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain :

  1. Karena PLN sekarang gak nyediain jasa pasanng instalasi, maka instalasi listrik harus kita pasanng sendiri tapi dengan syarat dan ketentuan PLN.
  2. Jangan daftar Ke PLN, kalo instalasi listrik di rumah lo belom selesai, karena percuma juga gak bakalan di setujuin sama PLN, sebab kaya tadi yang gue bilang, salah satu syaratnya adalah instalasi harus sudah terpasang, itu juga gak langsung di setujui, karena ntar bakal di liat sama tim survey yang bakalan ngeliat dan ngecek instalasi kita.
  3. Syarat2 yang diminta antara lain:
    1. Ukuran kabel masuk dari meteran ke PHB(Box Sekering) minimal 4mm x 3.
    2. Sebelum di bagi ke beberapa group, harus masuk dulu ke MCB induk 10A.
    3. Untuk kabel Ground menggunakan kabel BC ukuran 6mm atau lebih, dan harus benar2 berfungsi, karena nanti pada saat pengecekan akan di cek dengan alat.
    4. Seluruh stop kontak harus di pasang Groundnya.
    5. Ukuran kabel yang di pasang diatas gue saranin minimal 2,5mm x 3.
    6. Seluruh alat dan perlengkapan yang akan kita pasang harus bersertifikat SNI, LMK, SPLN, jadi pastikan barang yang lo beli ada capnya.,
    7. Untuk stop kontak yang di pasang di dekat lantai harus dengan penutup.
    8. Seluruh sambungan harus menggunakan T-dost.

Itu ja dah sekelumit pengalaman gue, moga ja bisa bantu yang lagi mo pasang instalasi listrik baru.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar